Etika Komputer dan Etika Internet pada Sosial Media



Nama                                                           : Ketut Gde Sukla Mandika
NIM                                                             : 1705552020
JURUSAN/FAKULTAS/UNIVERSITAS : TEKNOLOGI INFORMASI/TEKNIK/UNIVERSITAS UDAYANA
MATA KULIAH                                        : APLIKASI SOSIAL MEDIA
DOSEN                                                       : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT

“Etika Komputer dan Etika Internet pada Sosial Media”
Pada zaman saat ini di dunia nyata maupun di dunia maya atau internet ada hal penting yang harus di ketahui oleh semua orang. Apakah hal itu? , hal teersebut adalah etika. Etika semakin hari semakin menjamah seluruh aspek tetapi beberapa orang di dunia nyata maupun di dunia cyberspace etika hanya sebuah hal bodoh yang tidak begitu penting. Mari kita cek apabila etika tersebut tidak ada. Sudah tentu orang-orang di dunia nyata maupun di dunia cyberspace pasti akan semana-mena melakukan egonya sendiri dan tanpa berpikir atau mempertimbangkan terlebih dahulu yang ingin dilakukan. Kali ini saya akan membahas tentang Etika Komputer dan Etika Internet Pada Sosial Media.
Sebelum lanjut mari kita pahami dulu pengertian etika itu. Menurut kamus besar bahasa Indoneisa etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Atau etika bisa juga sebuah tata cara hidup yang mengtaur baik buruknya prilaku seseorang. Dalam dunia nyata etika dapat dibagi 2 yaitu: pertama etika dalam keluarga dan kedua etika dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya etika dalam keluarga menghormati dan sopan kepada semua anggota keluarga, berprilaku sesuai aturan di keluarga dan masih banyak lagi. Contoh etika dalam kehidupan sehari-hari menghomati dan berbicara sopan kapada orang lain, menghargai orang lain dan masih banyak lagi.


A. Etika Komputer.
Etika Komputer adalah aturan-aturan yang mengikat pengguna komputer yang harus diikuti oleh pengguna komputer dan sangat penting di dalam hubungan dan interaksi antara sesame pengguna komputer. Layaknya di dunia nyata, dalam menggunakan komputer juga ada etika yang harus di taati oleh semua penggunanya. Pengambilan peran penting dalam etika komputer adalah perangkat komputer serta perangkat komputasi lainnya. Contoh beretika dalam penggunaan komputer yaitu :
1.      Menggunakan konten-konten asli yang sudah pasti tidak bajakan. ( Menghormati dan menghargai hak cipta orang lain)
2.      Tidak mengambil datang orang lain tanpa izin atau tidak mencuri data orang lain.
3.      Tidak melakukan kriminalitas dikomputer atau tidak melakukan tindak kejahatan di komputer.
B. Etika Internet.
Selain beretika di dunia nyata, beretika dikomputer, beretika diinternet juga penting. Etika internet atau NETIKET (istilah etika dalam internet)  merupakan sebuah aturan yang mengatur dan mengikat tentang tatacara penggunaan internet yang baik dan benar serta harus ditaati oleh semua pengguna internet yang berinteraksi secara online. Terdapat 3 aspek yang harus ditaati oleh semua pengguna internet untuk beretika dalam menggunakan internet. Ketiga aspek tersebuat adalah Milis (Mailing List), Forum, dan Jejaring Social (Social Network).  Berikut penjelasannya :

-        Milis (Mailing List)
Milis adalah layanan surat elektronik berantai di jaringan internet maupun internet, yang banyak digunakan untuk mengantikan fungsi sebuah forum diskusi, dalam membahas satu atau beberapa buah topic pembicaraan secara online. Dalam hal ini anggota wajib memiliki akun layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail. Dalam  Milis juga terdapat aturan yang diberlakukan. Aturan yang disebut dengan Etika Milis atau Netiket Milis ini anatara lain, seperti tidak menjadikan media Milis sebagai tempat untuk penyebar luasan konten pornografi, kekerasan, maupun pelanggaran hak cipta(bajakan), dan masih banyak lagi.

-        Forum
Forum adalah media komunikasi pada jaringan komputer maupun internet, yang mana menampilkan banyak topik sebagai bahan diskusi dalam bentuk Thread.  Sebagaimana halnya etika di dalam kehidupan sehari-hari, pada forum juga terdapat etika yang harus dipahami bersama. Terdapat beberapa aturan yang harus ditaati dan dipahami di dalam Forum diskusi online antara lain, seperti membiasakan diri untuk melihat pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan oleh pengguna lainnya, baik melalui FAQ (Frequently Asking Question), menu Searching, atau melihat satu persatu Thread yang ada.

-        Jejaring Social (Social Network)
Dalam menggunakan jejaring sosial juga terdapat Etika di dalam penggunaan layanan dan fasilitas pada jejaring sosial (Social Network). Jejaring sosial diciptakan guna mempermudah penyampaian informasi ataupun komunikasi. Dalam penggunaan jejaring sosial, tentu saja ada beberapa pengguna yang menyalahgunakan dalam penggunaanya. Untuk memperkecil tingkat penyalahgunaan hal tersebut maka dibuat aturan dalam pengunaannya. Contohnya saja menggunakan kata-kata yang sopan, tanda baca yang benar, tidak menyebarkan aib diri sendiri maupun orang lain dan tidak mempublish konten-konten yang bersifat SARA dan masih banyak lagi

Tentunya tidak semua orang yang akan mentaati beretika dalam menggunakan internet, masih saja ada beberapa orang yang melanggar aturan-aturan tersebut. Berikut beberapa contoh pelanggaran etika di internet :
·         Penipuan Online                                             
·         Spamming
·         Penyebaran Virus
·         Penyebaran Hoax
·         Carding

C.Hubungan Media Sosial dengan Etika Komputer dan Etika Internet
Hubungan yang terjadi antara media sosial dengan etika komputer dan etika internet adalah peran media sosial dalam interaksi di zaman yang maju ini. Interkasi di zaman maju ini tidak hanya di lakukan di dunia nyata tapi juga dilakukan di dunia maya atau di internet. Berinteraksi di dunia maya atau di internet harus mentaai aturan-aturan bertetika di komputer dan beretika di internet,  mengapa demikian? Layaknya di dunia nyata kesopan di dunai maya juag diperhatikan karena dapat juga menyinggung orang lain apabila tidak mentaati atura yang telah ada tentang beretika di internet maupun beretika di komputer. Sebagai contohnya mengupload status di aplikasi Line, dalam mengupload harus sudah sesuai dengan KBBI dan sesuai dengan norma tentang etika baik etika internet maupun etika komputer.
Sekian ulasan materi tentang Etika Komputer dan Etika Internet Pada Sosial Media, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Daftar Pustaka
Materi Pertemuan Kesembilan Tentang Etika Komputer dan Etika Internet Pada Sosial Media Media  oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Komentar