SOSIAL MEDIA DAN KOMUNITAS.
NAMA : Ketut Gde Sukla Mandika
NIM : 1705552020
JURUSAN/FAKULTAS/UNIVERSITAS :
TEKNOLOGI INFORMASI/TEKNIK/UNIVERSITAS UDAYANA
MATA
KULIAH :
APLIKASI SOSIAL MEDIA
DOSEN : I Putu Agus Eka Pratama, ST ., MT
SOSIAL
MEDIA DAN KOMUNITAS.
Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusai perlu bantuan orang lain atau manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini.Keterkaitan manusia sebagai makhluk sosial akhirnya membuat manusia memiliki tujuan untuk membuat kelompok atau komunitas.Kelompok atau komunitas yang terbentuk dapat melalui berbagai proses baik dari kesamaan hobi,minat,tujuan,dan visi misi.Komunitas ini bisa terdapat di dunia nyata atau pun di dunia maya.
Komunitas
yang terbentuk karena hobi biasanya komunitas ini berkumpul berdasarkan
kesamaan hobi antara satu dengan yang lainnya contohnya komunitas
motor,komunitas mobil,komunitas fotografer,komunitas game,komunitas olahraga
dan masih banyak lagi.Komunitas berdasarkan tujuan yang sama atau komunitas
dengan tujuan yang positif contohnya komunitas sosial pembantu korban bencana.Selain
itu komunitas bisa berkumpul berdasarkan kesamaan stragi pemakain sosial media
untuk satu atau beberapa tujuan tertentu,contohnya:
1.
Komunitas Marketing Internet di LINE
2.
Komunitas KasKus di Region Bali
3.
Komunitas Street Work Out Bali
4.
Komunitas Motor Gede di Instagram
5.
Komunitas Pencipta Alam di Bloger dan
Line
6.
Komunitas Tinju di Path
7.
Komunitas Game di Instagram
8.
Komunitas Pencipta Anime di Facebook
KEKUATAN
KOMUNITAS
Suatu
komunitas memiliki atau harus memiliki kekuatan komunitas yang berasal dari
suatu kasus yang diangkat ke permukaan oleh komunitas,kekuatan komunitas yang
terbentuk dari hobi,dan dari hobi bisa menjadi bisnis.Kekuatan komunitas yang
berasal dari suatu kasus yang diangkat ke permukaan artinya suatu orang yang
memiliki kepedulian yang sama terhadap kasus tertentu dan membentuk kelompok
untuk mengakat kasus tersebut.Kekuatan komunitas berdasarkan hobi berdasarkan
hobi artinya suatu kelompok yang memiliki hobi yang sama dan tujuan yang sama
untuk mempopulerkan komunitas ke halayak luas.Kekuatan komunitas berdasarkan
hobi yang menjadi bisnis artinya hobi yang dimiliki oleh kelompok orang
tertentu yang nantinya dapat di manfaatkan menjadi bisnis dan dapat
menghasilkan uang untuk keuntungan untuk komunitas atau diri sendiri.
Langkah-langkah yang
dapat dilakukan untuk komunitas yang ada di sosial media untuk terkenal adalah
sebagai berikut:
2.
Aktif langsung di dalam komunitas,hargai
mereka yang terlibat di dalamnya.
3.
Undang contributor atau donator dan
sponsor (dalam negeri/luar negeri)
4.
Libatkan komunitas di dalam kegiatan
langsung di masyarakat kemudian publikasikan di sosial media.
5.
Berikan sebuah inspirasi dan semangat.
DAFTAR
PUSTAKA
-
Materi
Pertemuan Ketiga Tentang Sosial Media & Networking oleh Dosen : I Putu Agus
Eka Pratama, ST., MT
Komentar
Posting Komentar