SOSIAL MEDIA DAN KOMUNITAS.



NAMA                                                         : Ketut Gde Sukla Mandika
NIM                                                             : 1705552020
JURUSAN/FAKULTAS/UNIVERSITAS : TEKNOLOGI INFORMASI/TEKNIK/UNIVERSITAS UDAYANA
MATA KULIAH                                         : APLIKASI SOSIAL MEDIA
DOSEN                                                      : I Putu Agus Eka Pratama, ST ., MT

SOSIAL MEDIA DAN KOMUNITAS.

Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusai perlu bantuan orang lain atau manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini.Keterkaitan manusia sebagai makhluk sosial akhirnya membuat manusia memiliki tujuan untuk membuat kelompok atau komunitas.Kelompok atau komunitas yang terbentuk dapat melalui berbagai proses baik dari kesamaan hobi,minat,tujuan,dan visi misi.Komunitas ini bisa terdapat di dunia nyata atau pun di dunia maya.
Komunitas yang terbentuk karena hobi biasanya komunitas ini berkumpul berdasarkan kesamaan hobi antara satu dengan yang lainnya contohnya komunitas motor,komunitas mobil,komunitas fotografer,komunitas game,komunitas olahraga dan masih banyak lagi.Komunitas berdasarkan tujuan yang sama atau komunitas dengan tujuan yang positif contohnya komunitas sosial pembantu korban bencana.Selain itu komunitas bisa berkumpul berdasarkan kesamaan stragi pemakain sosial media untuk satu atau beberapa tujuan tertentu,contohnya:
1.      Komunitas Marketing Internet di LINE
2.      Komunitas KasKus di Region Bali
3.      Komunitas Street Work Out Bali
4.      Komunitas Motor Gede di Instagram
5.      Komunitas Pencipta Alam di Bloger dan Line
6.      Komunitas Tinju di Path
7.      Komunitas Game di Instagram
8.      Komunitas Pencipta Anime di Facebook
KEKUATAN KOMUNITAS
Suatu komunitas memiliki atau harus memiliki kekuatan komunitas yang berasal dari suatu kasus yang diangkat ke permukaan oleh komunitas,kekuatan komunitas yang terbentuk dari hobi,dan dari hobi bisa menjadi bisnis.Kekuatan komunitas yang berasal dari suatu kasus yang diangkat ke permukaan artinya suatu orang yang memiliki kepedulian yang sama terhadap kasus tertentu dan membentuk kelompok untuk mengakat kasus tersebut.Kekuatan komunitas berdasarkan hobi berdasarkan hobi artinya suatu kelompok yang memiliki hobi yang sama dan tujuan yang sama untuk mempopulerkan komunitas ke halayak luas.Kekuatan komunitas berdasarkan hobi yang menjadi bisnis artinya hobi yang dimiliki oleh kelompok orang tertentu yang nantinya dapat di manfaatkan menjadi bisnis dan dapat menghasilkan uang untuk keuntungan untuk komunitas atau diri sendiri.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk komunitas yang ada di sosial media untuk terkenal adalah sebagai berikut:
1.      Manfaatkan tagar atau hastag (#)
2.      Aktif langsung di dalam komunitas,hargai mereka yang terlibat di dalamnya.
3.      Undang contributor atau donator dan sponsor (dalam negeri/luar negeri)
4.      Libatkan komunitas di dalam kegiatan langsung di masyarakat kemudian publikasikan di sosial media.
5.      Berikan sebuah inspirasi dan semangat.




DAFTAR PUSTAKA
-        Materi Pertemuan Ketiga Tentang Sosial Media & Networking oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Komputer dan Etika Internet pada Sosial Media