Diskusi Hubungan Komunitas dan Etika




NIM                                               : 1705552020
JURUSAN/FAKULTAS/UNIVERSITAS : TEKNOLOGI INFORMASI/TEKNIK/UNIVERSITAS UDAYANA
MATA KULIAH                          : APLIKASI SOSIAL MEDIA
DOSEN                                         : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T

Social Media adalah tempat yang membantu manusia berinteraksi dibidang informasi disatu jaringan yang terhubung secara online.
Kategori social media:
- Blog dan Microweb = Wordpress
- Wiki = Wikipedia
- Social Networking = FB, Twitter
- Slide Show Share = Slide Share
- Video Share = Youtube
- Forum = PHPBB, Bulletin
- Instan Massanger = Line, Whatsapp, Telegram

Komunitas adalah suatu perkumpulan dari beberapa orang, Komunitas bisa saja terbentuk dari kesamaan hobi, minat, tujuan, dan visi misi untuk mencapai sesuatu bersama dalam bidang apapun agar berguna bagi masyarakat umum.. Komunitas terdapat di dunia nyata (fisik) maupun di dunia maya (internet) termasuk juga sosial media.
Hubungan sosial media dan komunitas memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya, karena pada zaman teknologi seperti sekarang orang – orang lebih mencari sesuatu di sosial media dan  masyarakat zaman sekarang setidakya memiliki 1 akun media sosial oleh karena itu sosial media memegang peranan penting untuk lebih memperkenalkan komunitas mereka kepada masyarakat umum.
Contoh komunitas yang saya gunakan adalah komunitas pencinta motor yang nantinya akan membuat akun di media sosial facebook dan dari media sosial tersebut mereka akan dapat memperkenalkan dan memberikan informasi tentang motor dari komunitas mereka selain itu, kegiatan dari komunitas mereka dapat dilihat juga oleh masyarakat umum, di samping itu komunitas mereka juga dapat merekrut anggota yang ingin bergabung dengan komunitas mereka secara online dan juga agar komunitas mereka tidak dipandang jelek yang hanya mencari sensasi oleh masyarakat umum maka dari itu komunitas mereka sering melakukan kegiatan sosial seperti membantu pengungsi dari korban Gunung Agung.
Etika adalah sebuah aturan atau tata cara yang sudah disepakati secara bersama – sama yang diterapkan dalam sebuah tindakan nyata yang mengikat seseorang di dalam kehidupan, di dunia komputer juga memiiki etika komputer, Etika komputer adalah aturan yang harus ditaati dan diikuti oleh seluruh pengguna komputer. Etika komputer juga sangat penting di dalam hubungan dan interaksi antar pengguna komputer dan ada juga etika internet, Etika internet atau biasa disebut NETIKET adalah etika dalam internet yang digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna internet yang lainnya secara online.
Hubungan etika, sosial media dan komunitas yaitu dalam penggunaan sosial media tentunya dalam menyampaikan informasi mengenai komunitas motor yang akan disebarkan kepada pengguna sosial media lainnya harus mentaati  kaidah – kaidah beretika di sosial media yang baik dan sopan agar dapat menarik perhatian pengguna sosial media lainnya untuk mengunjungi atau bergabung dalam komunitas motor tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Materi Pertemuan Kesepuluh Tentang “Diskusi Kelompok” oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT
 Hasil diskusi bersama kelompok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Komputer dan Etika Internet pada Sosial Media